Pages

silahkan cari isi blog di sini

Sabtu, 21 April 2012

Dialek Bahasa Kaili Berdasarkan Subetnis



PALU, KOMPAS.com--Bahasa daerah Kaili yang memiliki penutur terbanyak di Sulawesi Tengah terbagi ke dalam beberapa dialek berdasarkan subetnis Kaili.
"Tidak semua bahasa daerah merupakan kesatuan yang utuh sebab ada yang terbagi ke dalam beberapa dialek. Gejala ini ditemukan dalam Bahasa Kaili," kata peneliti Bahasa Kaili, Sofyan Ing Huong dalam Kongres Bahasa Kaili di Palu. 

Sofyan mengatakan Bahasa Kaili terdiri atas dialek Ledo, Ija, Ado, Unde, Rai, Da’a, Tara, Kulavi Lindu dan Tabaelia.

Pembagian dialek ini berdasarkan pengelompokan Suku Kaili menjadi tujuh wilayah subetnis. 

Dua dialek lainnya yakni Kulavi-Lindu dan Tavaelia masuk juga dalam kelompok bahasa Kaili meski penuturnya bukan etnis Kaili. 

Menurut dia, beragamnya dialek Bahasa Kaili berpengaruh pada pengajaran yang membutuhkan adanya dialek sebagai pengantar umum bagi semua penutur dialek Kaili tersebut. 

Sofyan yang juga salah satu penggagas Kongres Bahasa Kaili ini mengusulkan dialek Ledo yang paling banyak penuturnya sebagai pengantar dalam pengajaran Bahasa Kaili di sekolah. 

Memilih Ledo yang penuturnya tersebar di Palu, sebagai dialek standar pengajaran cukup beralasan sebab penutur Bahasa Kaili yang berbeda dialek umumnya menggunakan dialek Ledo dalam berkomunikasi. 

Pertimbangan lain Kota Palu sebagai pusat pemerintahan, pendidikan dan perekonomian di Sulteng. "Daerah lain di Indonesia yang sudah menjadikan bahasa daerahnya sebagai mata pelajaran wajib di sekolah umumnya mengambil dialek standar sebagai sumber penyusunan bahan ajar," kata Sofyan menjelaskan. 

Ia mengakui konsekuensi pemilihan dialek standar akan menyulitkan guru dan peserta didik di luar penutur dialek Ledo sebab mereka harus belajar dialek standar terlebih dahulu. 

"Persoalan lainnya, mengancam kepunahan dialek-dialek lainnya terutama dialek yang penuturnya sedikit," ujarnya. 

Ditulis Oleh : C.U (Cari Urusan) ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel Dialek Bahasa Kaili Berdasarkan Subetnis ini diposting oleh C.U (Cari Urusan) pada hari Sabtu, 21 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar